next... saya akan menjelaskan tentang Cabri 3D....
okee... selamat mencoba..
.
.
.
.
.
okee... selamat mencoba..
.
.
.
.
.
Cabri 3D
dengan versi terbarunya Cabri 3D V2 tersebut diharapkan siswa-siswi dapat
menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Pemahaman secara mendalam tentang
geometri berguna dalam berbagai situasi dan berkaitan dengan topik-topik
matematika dan pelajaran lainnya di sekolah. Siswa-siswi lebih tertarik pada
objek-objek pemodelan atau contoh-contoh konkrit. Oleh karena itu diharapkan
pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang mendukung salah satunya dengan
menggunakan software Cabri 3D.
Cabri 3D
tidak hanya digunakan sebagai software yang
mempresentasikan matematika secara geometri tetapi juga dapat digunakan secara
umum untuk membangun kemudahan bermatematika dengan memunculkan bentuk-bentuk
yang menyerupai keaslian dari berbagai model. Software ini memberikan
kemudahan bagi siswa dan guru untuk mengeksplorasi berbagai bentuk dan model
geometri. Siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan eksplorasi
di bawah bimbingan guru. Software ini
juga memberikan kemudahan kepada siswa untuk lebih mampu membuktikan teori dan
konsep secara mandiri dengan menggunakan sedikit perhitungan dan manipulasi
sederhana.
Program
cabri 3D dapat dijalankan minimum pada windows 98 dan MacOS X vesri 10,3 atau
di atasnya dengan konfigurasi minimal untuk PC 800 MHz atau lebih
tinggi CPU, RAM 256 MB atau lebih, OpenGL kompatibel kartu grafis dengan RAM 64
MB atau lebih.
Kelebihan
dan Kekurangan Cabri 3D
Ø Kelebihan
·
Gambar-gambar bangun geometri yang biasanya
dilakukan menggunakan bangun baik berupa kerangka bangun maupun ruang dari
jaring-jaring dapat dibuat dengan mudah yang lebih cepat dan teliti.
·
Adanya animasi gerakan (dragging) dapat memberikan visualisasi dengan jelas.
·
Dapat digunakan sebagai alat evaluasi apakah
pekerjaan yang dilakukan adalah benar atau salah.
·
Memudahkan guru dan siswa untuk menyelidiki
sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek.
·
Mempunyai perintah pengerjaan matematika yang luas.
·
Mempunyai suatu antarmuka berbasis worksheet.
·
Mempunyai fasiitas pengerjaan yang baik dalam
dimensi dua dan dimensi tiga.
·
Bahasa pemogramannya memudahkan pemahaman konsep
peserta didik.
·
Hasil pengerjaannya lebih baik dibandingkan
software Autograph dan Maple.
·
Mempunyai fasilitas untuk membuat dokumen dalam
beberapa format
Ø Kekurangan
·
Hasil pengukurannya kurang akurat karena menggunakan
angka decimal.
·
Kurang baik dalam
kemampuan Originality (keaslian) dan Sensitivity (kepekaan)
Contoh Penerapan
Cabri 3D Dalam Matematika
Menentukan
Jaring-Jaring Sebuah Kubus
1. Klik
Regular Tetrahedron lalu pilih (cube),
untuk membentuk kubus pada bidang, klik sembarang titik pada bidang kemudia
tarik. Kubus dapat ditarik dengan mengembalikan kursor.
Menghitung Salah Satu
Sudut Kubus
Kita
dapat melihat rusuk-rusuk kubus secara jelas dengan sisi-sisi kubus yang
transparan.
4.
Klik pada titik yang akan dicari
sudutnya
Besar
sudut kubus tersebut adalah 900 karena garisnya saling tegak
lurus.
Mengetahui Besar Sudut Segitiga (Diagonal Ruang)
Didalam Sebuah Kubus.
Sudut
bidang segitiga tersebut adalah 600 karena segitiga tersebut
berada pada kubus sehingga segitiga tersebut merupakan segitiga sama kaki.
Menghitung
Volume Pada Kubus
1. Buat
kubus dengan cara yang sama
2. Ukur
panjang rusuknya dengan menggunakan distance,
yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk.
3. Klik
volume dan letakan pada kubus
tersebut.
Menghitung Luas Salah
Satu Bangun Datar (Persegi)
1. Buat
persegi dengan memilih square.
2. Ukur
panjang sisi dengan menggunakan distance ,
yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk. Kemudian pilih area untuk
melihat besar luasnya.
0 komentar:
Posting Komentar