Sabtu, 20 Desember 2014

cabri 3D

next... saya akan menjelaskan tentang Cabri 3D....
okee... selamat mencoba..
.
.
.
.
.

Cabri 3D dengan versi terbarunya Cabri 3D V2 tersebut diharapkan siswa-siswi dapat menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Pemahaman secara mendalam tentang geometri berguna dalam berbagai situasi dan berkaitan dengan topik-topik matematika dan pelajaran lainnya di sekolah. Siswa-siswi lebih tertarik pada objek-objek pemodelan atau contoh-contoh konkrit. Oleh karena itu diharapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang mendukung salah satunya dengan menggunakan software Cabri 3D.
Cabri 3D tidak hanya digunakan sebagai software  yang mempresentasikan matematika secara geometri tetapi juga dapat digunakan secara umum untuk membangun kemudahan bermatematika dengan memunculkan bentuk-bentuk yang menyerupai keaslian dari berbagai model. Software ini  memberikan kemudahan bagi siswa dan guru untuk mengeksplorasi berbagai bentuk dan model geometri. Siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan eksplorasi di bawah bimbingan guru. Software ini juga memberikan kemudahan kepada siswa untuk lebih mampu membuktikan teori dan konsep secara mandiri dengan menggunakan sedikit perhitungan dan manipulasi sederhana.

Program cabri 3D dapat dijalankan minimum pada windows 98 dan MacOS X vesri 10,3 atau di atasnya dengan konfigurasi minimal untuk PC 800 MHz atau lebih tinggi CPU, RAM 256 MB atau lebih, OpenGL kompatibel kartu grafis dengan RAM 64 MB atau lebih.
 Kelebihan dan Kekurangan Cabri 3D
Ø  Kelebihan
·         Gambar-gambar bangun geometri yang biasanya dilakukan menggunakan bangun baik berupa kerangka bangun maupun ruang dari jaring-jaring dapat dibuat dengan mudah yang lebih cepat dan teliti.
·         Adanya animasi gerakan (dragging) dapat memberikan visualisasi dengan jelas.
·         Dapat digunakan sebagai alat evaluasi apakah pekerjaan yang dilakukan adalah benar atau salah.
·         Memudahkan guru dan siswa untuk menyelidiki sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek.
·         Mempunyai perintah pengerjaan matematika yang luas.
·         Mempunyai suatu antarmuka berbasis worksheet.
·         Mempunyai fasiitas pengerjaan yang baik dalam dimensi dua dan dimensi tiga.
·         Bahasa pemogramannya memudahkan pemahaman konsep peserta didik.
·         Hasil pengerjaannya lebih baik dibandingkan software Autograph dan Maple.
·         Mempunyai fasilitas untuk membuat dokumen dalam beberapa format
Ø  Kekurangan
·         Hasil pengukurannya kurang akurat karena menggunakan angka decimal.
·         Kurang baik dalam kemampuan Originality (keaslian) dan Sensitivity (kepekaan)

Contoh Penerapan Cabri 3D Dalam Matematika
Menentukan Jaring-Jaring Sebuah Kubus
1.      Klik Regular Tetrahedron lalu pilih  (cube), untuk membentuk kubus pada bidang, klik sembarang titik pada bidang kemudia tarik. Kubus dapat ditarik dengan mengembalikan kursor.

Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/1.jpg?w=698
2.      Untuk membuka kubus (melihat jaring-jaring), klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/1111111111.jpg?w=698 (Open Polyhedron)

Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/22.png?w=698
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/22.jpg?w=698
3.      Klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/b.jpg?w=698  (manipulation), lalu tariklah salah satu sisi pada kubus tersebut agar jaring-jaring .
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/11111.jpg?w=698
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/1111111111111.jpg?w=698

Menghitung Salah Satu Sudut Kubus
1.       Klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/113.jpg?w=698  (cube) lalu gambar kubus dibidangnya
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/a.jpg?w=698
2.       Klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/b.jpg?w=698  (manipulation), lalu klik kanan, pilih surface style lalu empty
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/d.png?w=698
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/e.jpg?w=698
Kita dapat melihat rusuk-rusuk kubus secara jelas dengan sisi-sisi kubus yang transparan.
3.       Klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/c.jpg?w=698  (angle)
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/g.jpg?w=698
4.       Klik pada titik yang akan dicari sudutnya
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/f.jpg?w=698    
Besar sudut kubus tersebut adalah 900 karena garisnya saling tegak lurus.

Mengetahui Besar Sudut Segitiga (Diagonal Ruang) Didalam Sebuah Kubus.
1.      Klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/113.jpg?w=698  (cube), lalu gambar kubus dibidangnya
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/1222.jpg?w=698
2.      Klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/b.jpg?w=698  (manipulation), lalu klik kanan, pilih surface style lalu empty
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/123.jpg?w=698
3.      Klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/triangle.jpg?w=698  (triangle), lalu buat bidang segitiga
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/345.jpg?w=698
4.      Klik Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/c.jpg?w=698  (angle) untuk menghitung sudut-sudut bidang segitiga
Description: http://mikamelina.files.wordpress.com/2012/11/456.jpg?w=698
Sudut bidang segitiga tersebut adalah 600 karena segitiga tersebut berada pada kubus sehingga segitiga tersebut merupakan segitiga sama kaki.

Menghitung Volume Pada Kubus
1.      Buat kubus dengan cara yang sama
2.      Ukur panjang rusuknya dengan menggunakan distance, yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk.
Description: C:\Users\DWI\Documents\Bluetooth Folder\gambar-7.jpg
3.      Klik volume dan letakan pada kubus tersebut.
Description: C:\Users\DWI\Documents\Bluetooth Folder\gambar-9.jpg

Menghitung Luas Salah Satu Bangun Datar (Persegi)
1.      Buat persegi dengan memilih square.
Description: C:\Users\DWI\Documents\Bluetooth Folder\gambar-10.jpg
2.      Ukur panjang sisi dengan menggunakan distance , yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk. Kemudian pilih area untuk melihat  besar luasnya.


















Description: C:\Users\DWI\Documents\Bluetooth Folder\gambar-111.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

cursor

Naruto Uzumaki Waving Fan
Naruto - Animated Dancing Akatsuki Tobi

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me