nextttt..... sekarang akan membahas tentang sketchpad......
selamat membaca... ^_^
Geometer's Sketchpad
Pengertian Geometer's Sketchpad
Salah satu software untuk membuat manipulatif digital, beberapa karakteristik GSP diantaranya :
1. Ketepatan dalam melukis dan mengukur secara digital.
2. Proses visualisasi dari awal dengan berbagai ukuran dimensi berbeda mudah dipahami.
3. Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan investigasi, ekplorasi, dan pemecahan masalah.
4. Memberikan keyakinan dan alasan kuat yang dapat memberikan motivasi untuk membuktikan.
5. Mempunyai ciri spesifik, gambar animasi, jejak gambar, dan sembarang titik yang menyediakan kesempatan untuk mensimulasikan berbagai situasi.
Sejarah
Geometer Sketchpad
Pada
tahun 1987, Nicholas Jackin begitu serius membuat program geometri ini sehingga
terbinalah Geometer’s Sketchpad untuk Machintoch. Guru-guru serta pengguna
amnya mencuba versi awal ini. Pada tahun 1990 Nicholas berjaya menghasilkan
versi ‘beta’ menggunakan pembiayaan dari Yayasan Sains Kebangsaan untuk
meneruskan penyelidikan. Versi kedua program ini dilancarkan pada April 1992.
Manakala versi pertama Sketchpad untuk Window pula dilancarkan pada April 1995.
Penggunaanya berluasa sehingga ke hari ini. Pada tahun 2011, GSP telah
ditambahbaik fungsinya dalam versi ke-4 yang memuatkan Geometri Dinamik untuk
pengajaran algebra dan kalkulus.
Spesifikasi
Geometer Sketchpad
Pentium®
based system or equivalent Windows XP or later 300 MB free disk space.
Kelebihan
Geometer Sketchpad
Dapat
mengundo apabila terjadi kesalahan dapat membatalkan perintah yg telah
dilakukan,
Dapat
meredo untuk mengulangi perintah yang telah dilakukan,
Dapat
membuat tabel berserta datanya,
Dapat
menulis rumus bersamaan dengan gambar,
Memiliki
grid form yang banyak,
Dapat
merekam setiap pekerjaan yang kita lakukan.
Memiliki
calculate sendiri untuk keperluan perhitungan
Dapat
membuktikan rumus traplesium
Kekurangan
Geometer Sketchpad
Anda
tidak dapat mengupload photo anda dan situs ini digunakan untuk menggambar
sederhana dengan memainkan warna dan tulisan.
Pilihan
icon hanya sedikit,
Tidak
dapat langsung memasukkan suatu rumus.
Sulit
mengkoordinasikan langsung jarak yang diinginkan
A. Cara
membuat trapesium dengan SketchPad
Langkah-langkah :
1. Buka
aplikasi Skecthpad yang sudah diinstal. Maka akan telihat tampilan Skecthpad
seperti gambar dibawah ini :
2. Buatlah
garis AB dengan menggunakan Straightedge Tool.
Maka akan terbentuk garis seperti gambar dibawah ini :
3. Beri
nama pada masing-masing ujung garis titik tersebut dengan cara klik kanan pada
masing – masing titik lalu klik Show Label.
Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :
4. Lalu
klik Construct-Midpoint untuk membuat titik tengah pada garis AB (cat
: Klik terlebih dahulu garis AB - Construct-Midpoint)
5. Lalu
klik Compass Tool untuk membuat lingkaran dengan pusat titik A
sepanjang jari – jari AC. Lalu dengan pusat titik B sepanjang jari – jari BC.
Dan dengan pusat titik C sepanjang jari – jari CB.
6. Lalu
klik Construct-Intersection untuk membuat titik
perpotongan antara lingkaran A, lingkaran B, dan lingkaran C (cat :
Klik terlebih dahulu lingkaran tersebut - Construct-Intersection ).
Beri nama pada masing – masing titik.
7. Untuk
menyembunyikan lingkaran serta dua titik perpotongan yang terletak dibawah klik
CTRL+H
8. Lalu
hubungkan titik – titik tersebut dengan menggunakan Straightedge
Tool.
B. Cara
membuat belah ketupat dengan SketchPad
Langkah-langkah :
1. Buatlah garis AB
dengan menggunakan Straightedge Tool. Lalu beri nama pada masing –
masing titik.
2. Lalu klik Compass
Tool untuk membuat lingkaran dengan pusat titik A sepanjang jari – jari
AB. Lalu dengan pusat titik B sepanjang jari – jari BA.
3. Lalu klik Construct-Intersection untuk
membuat titik perpotongan antara lingkaran A dan lingkaran B. Lalu
beri nama pada masing-masing titik perpotongan tersebut.
4. Untuk menyembunyikan
keduan lingkaran tersebut klik CTRL+H
5. Lalu hubungkan titik –
titik tersebut dengan menggunakan Straightedge Tool.
Aplikasi
dalam Matematika
Adapun
aplikasi Geometer Sketchpad dalam pembelajaran Matematika, antara lain sebagai
berikut.
Pembuktian
Rumus Trapesium dengan Geometer Sketchpad
- Buatlah trapesium ABCD sama kaki
- Dengan kakinya di AD dan CB
- CD sejajar dengan EF, DE sejajar CF
- Panjang AE dengan FB sama panjang
- Hubungkan titik D ke titik F
- Membuat titik point dengan pointtool
- Sambungkan setiap titik dengan segmentstraightedgeTool
- Beri nama setiap titik dengan mengklik label point
- Beri nama pada garis DF (t), EF (a), AE dan FB (c)
Akan
muncul seperti berikut :
Ketik
rumus trapesiumnya, karena Luas trapesium itu jumlah luas persegi panjang di
tambah dengan 2 kali luas segitiga maka didapat :
Dengan
cara mengklik Texttool pada icon lalu klik di sembarang (klik 2x),
setelah itu ketik rumus di atas.
Lalu,
hitung panjang garis masing-masing AE, EF, BF, dan CE dengan klik segment
garisnya lalu klik kanan pilih length
Selanjutnya:
Hitung
luas trapesium sebelumnya klik polygon dan hubungkan titik-titik bidang
datarnya
Hitunglah
luas setiap bidang dengan klik kanan pilih area,
Lalu
pilih Number klik calculate dan jumlahkan semua area
Membuktikan
Rumus Phytagoras
Langkah-langkah:
Buat
segitiga ABC menggunakan segmentstraightedgetool dan beri nama pada
setiap titik-titik segitiga
Klik texttool lalu
klik 2x pada garis untuk mengganti nama garis, seperti berikut :
Buat
segitiga yang sama dengan rotasi 900 searah jarum jam
Hubungkan
titik E atas dan garis B bawah dengan menggunakan segmentstraighttool
Pada
segitiga atas beri nama L1 menggunakan texttool lalu pilih
symbolicnotation dan pilih subscript
Beri
nama L1 pada segitiga bawah
Beri
nama L2 pada segitiga yang besa dengan cara yang sama
Masukkan
rumus trapesium seperti pada gambar di bawah ini
Hitunglah dengan cara klik kanan lalu pilih area untuk mencari nilai
a, b dan c. Lalu untuk membuktikan dalil phytagoras tersebut kita pilih
menu number lalu pilih calculate
Membuktikan
Jumlah Sudut Dalam Segitiga = 1800
Langkah-langkah:
Buat segitiga ABC sembarang dengan menggunakan pointtool lalu
hubungkan setiap titik dengan segmentstraighttool dan beri nama pada
setiap titik. seperti berikut :
klik
titik CAB kemudian klik measure pilih angle, lakukan juga
pada sudut ACB, dan sudut ABC setelah ketiga sudut ditemukan klik number pilih
calculate maka akan terbukti.
Jika
ingin mengetahui luas segitiganya dengan cara klik polygon lalu klik pada
titik-titiknya, klik kanan pilih area
finish.... semoga bermanfaat.. ^_^
ne, sayonara....
0 komentar:
Posting Komentar