Senin, 15 Desember 2014

Geometer's Sketchpad

nextttt..... sekarang akan membahas tentang sketchpad...... 
selamat membaca... ^_^
Geometer's Sketchpad 

Pengertian Geometer's Sketchpad 

Salah satu software untuk membuat manipulatif digital, beberapa karakteristik GSP diantaranya : 
1. Ketepatan dalam melukis dan mengukur secara digital.
2. Proses visualisasi dari awal dengan berbagai ukuran dimensi berbeda mudah dipahami.
3. Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan investigasi, ekplorasi, dan pemecahan masalah.
4. Memberikan keyakinan dan alasan kuat yang dapat memberikan motivasi untuk membuktikan.
5. Mempunyai ciri spesifik, gambar animasi, jejak gambar, dan sembarang titik yang menyediakan kesempatan untuk mensimulasikan berbagai situasi.

Sejarah Geometer Sketchpad
Pada tahun 1987, Nicholas Jackin begitu serius membuat program geometri ini sehingga terbinalah Geometer’s Sketchpad untuk Machintoch. Guru-guru serta pengguna amnya mencuba versi awal ini. Pada tahun 1990 Nicholas berjaya menghasilkan versi ‘beta’ menggunakan pembiayaan dari Yayasan Sains Kebangsaan untuk meneruskan penyelidikan. Versi kedua program ini dilancarkan pada April 1992. Manakala versi pertama Sketchpad untuk Window pula dilancarkan pada April 1995. Penggunaanya berluasa sehingga ke hari ini. Pada tahun 2011, GSP telah ditambahbaik fungsinya dalam versi ke-4 yang memuatkan Geometri Dinamik untuk pengajaran algebra dan kalkulus.

Spesifikasi Geometer Sketchpad
Pentium® based system or equivalent Windows XP or later 300 MB free disk space.

Kelebihan Geometer Sketchpad
Dapat mengundo apabila terjadi kesalahan dapat membatalkan perintah yg telah dilakukan,
Dapat meredo untuk mengulangi perintah yang telah dilakukan,
Dapat membuat tabel berserta datanya,
Dapat menulis rumus bersamaan dengan gambar,
Memiliki grid form yang banyak,
Dapat merekam setiap pekerjaan yang kita lakukan.
Memiliki calculate sendiri untuk keperluan perhitungan
Dapat membuktikan rumus traplesium

Kekurangan Geometer Sketchpad
Anda tidak dapat mengupload photo anda dan situs ini digunakan untuk menggambar sederhana dengan memainkan warna dan tulisan.
Pilihan icon hanya sedikit,
Tidak dapat langsung memasukkan suatu rumus.
Sulit mengkoordinasikan langsung jarak yang diinginkan

A.        Cara membuat trapesium dengan SketchPad
Langkah-langkah :
1.         Buka aplikasi Skecthpad yang sudah diinstal. Maka akan telihat tampilan Skecthpad seperti gambar dibawah ini : 


2.         Buatlah garis AB dengan menggunakan Straightedge Tool.
Maka akan terbentuk garis seperti gambar dibawah ini : 




3.         Beri nama pada masing-masing ujung garis titik tersebut dengan cara klik kanan pada masing – masing titik lalu klik Show Label.
Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini : 




4.         Lalu klik Construct-Midpoint untuk membuat titik tengah pada garis AB (cat : Klik terlebih dahulu garis AB - Construct-Midpoint)


5.         Lalu klik Compass Tool untuk membuat lingkaran dengan pusat titik A sepanjang jari – jari AC. Lalu dengan pusat titik B sepanjang jari – jari BC. Dan dengan pusat titik C sepanjang jari – jari CB.




6.         Lalu klik Construct-Intersection untuk membuat titik perpotongan  antara lingkaran A, lingkaran B, dan lingkaran C (cat : Klik terlebih dahulu lingkaran tersebut - Construct-Intersection ). Beri nama pada masing – masing titik. 




7.         Untuk menyembunyikan lingkaran serta dua titik perpotongan yang terletak dibawah klik CTRL+H




8.         Lalu hubungkan titik – titik tersebut dengan menggunakan Straightedge Tool. 



B.        Cara membuat belah ketupat dengan SketchPad
Langkah-langkah :
1.      Buatlah garis AB dengan menggunakan Straightedge Tool. Lalu beri nama pada masing – masing titik. 




2.      Lalu klik Compass Tool untuk membuat lingkaran dengan pusat titik A sepanjang jari – jari AB. Lalu dengan pusat titik B sepanjang jari – jari BA.


3.      Lalu klik Construct-Intersection untuk membuat titik perpotongan  antara lingkaran A dan lingkaran B. Lalu beri nama pada masing-masing titik perpotongan tersebut. 


4.      Untuk menyembunyikan keduan lingkaran tersebut klik CTRL+H


5.      Lalu hubungkan titik – titik tersebut dengan menggunakan Straightedge Tool.



Aplikasi dalam Matematika
Adapun aplikasi Geometer Sketchpad dalam pembelajaran Matematika, antara lain sebagai berikut.

Pembuktian Rumus Trapesium dengan Geometer Sketchpad
  • Buatlah trapesium ABCD sama kaki
  • Dengan kakinya di AD dan CB
  • CD sejajar dengan EF, DE sejajar CF
  • Panjang AE dengan FB sama panjang
  • Hubungkan titik D ke titik F
  • Membuat titik point dengan pointtool
  • Sambungkan setiap titik dengan segmentstraightedgeTool
  • Beri nama setiap titik dengan mengklik label point
  • Beri nama pada garis DF (t), EF (a), AE dan FB (c)

Akan muncul seperti berikut :


Ketik rumus trapesiumnya, karena Luas trapesium itu jumlah luas persegi panjang di tambah  dengan 2 kali luas segitiga maka didapat :

Dengan cara mengklik Texttool pada icon lalu klik di sembarang (klik 2x), setelah itu ketik rumus di atas.

Lalu, hitung panjang garis masing-masing AE, EF, BF, dan CE dengan klik segment garisnya lalu klik kanan pilih length

Selanjutnya:
Hitung luas trapesium sebelumnya klik polygon dan hubungkan titik-titik bidang datarnya
Hitunglah luas setiap bidang dengan klik kanan pilih area,
Lalu pilih Number klik calculate dan jumlahkan semua area


Membuktikan Rumus Phytagoras
Langkah-langkah:
Buat segitiga ABC menggunakan segmentstraightedgetool dan beri nama pada setiap titik-titik segitiga
Klik texttool lalu klik 2x pada garis untuk mengganti nama garis, seperti berikut :

Buat segitiga yang sama dengan rotasi 900 searah jarum jam
Hubungkan titik E atas dan garis B bawah dengan menggunakan segmentstraighttool

Pada segitiga atas beri nama L1 menggunakan texttool lalu pilih symbolicnotation dan pilih subscript
Beri nama L1 pada segitiga bawah
Beri nama L2 pada segitiga yang besa dengan cara yang sama
Masukkan rumus trapesium seperti pada gambar di bawah ini

Hitunglah dengan cara klik kanan lalu pilih area untuk mencari nilai a, b dan c. Lalu untuk membuktikan dalil phytagoras tersebut kita pilih menu number lalu pilih calculate


Membuktikan Jumlah Sudut Dalam Segitiga = 1800
Langkah-langkah: Buat segitiga ABC sembarang dengan menggunakan pointtool lalu hubungkan setiap titik dengan segmentstraighttool dan beri nama pada setiap titik. seperti berikut :


klik titik CAB kemudian klik measure pilih angle, lakukan juga pada sudut ACB, dan sudut ABC setelah ketiga sudut ditemukan klik number pilih calculate maka akan terbukti.


Jika ingin mengetahui luas segitiganya dengan cara klik polygon lalu klik pada titik-titiknya, klik kanan pilih area

finish.... semoga bermanfaat.. ^_^
ne, sayonara....



0 komentar:

Posting Komentar

cursor

Naruto Uzumaki Waving Fan
Naruto - Animated Dancing Akatsuki Tobi

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me