next.... saya akan membahass tentang software winplot..
selamat membaca....
.
.
.
.
.
.
selamat membaca....
.
.
.
.
.
.
Winplot adalah suatu
program yang diciptakan dan diproduksi oleh Richard Parris. Program ini sangat mudah untuk diinstal atau dicopy dan tidak menghabiskan banyak tempat karena file program Winplot ini hanya berukuran sekitar 1,359 KB .Semua keterangan tentang cara-cara pengoperasian program Winplot dapat dilihat pada menu Help di mana diberikan informasi yang lengkap tentang cara kerja masing-masing menu yang ada pada program ini.
Program Winplot ini dapat digunakan untuk menggambar grafik fungsi yang lengkap dengan sumbu-sumbu koordinatnya sehingga akan memudahkan untuk menggambar grafik fungsi dan mengeksplorasi sifat-sifat grafik fungsi. Fasilitas-fasilitas dari program Winplot yang dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain: dapat melukis berbagai grafik fungsi matematika
yang cukup lengkap, seperti: grafik fungsi kuadrat, trigonometri, logaritma, dan sebagainya; dapat menampilkan beberapa grafik dalam satu sumbu; dapat menampilkan grafik
yang menarik dengan memberi warna, membuat animasi, memberi label, mengatur skala diperbesar atau diperkecil sesuai kebutuhan dan; dapat juga memberikan tanda titik-titik
optimum atau titik potong grafik. Selain itu juga dapat untuk menggambar berhasil operasi dua fungsi,
transformasi suatu grafik,
luasan hasil perputaran grafik dan dapat mengarsir daerah dengan batas-batas kurva tertentu.
System Requirements
·
Windows, Linux, Mac OSX, dan sebagainya
·
No special requirement (maksudnya RAM, VGA, Operating System,
dan lain-lain yang kecil juga dapat digunakan untuk software Winplot)
A. Kelebihan Winplot
1.
Dapat menggambar grafik secara akurat dan cepat
2.
Gambar yang dihasilkan menjadi sangat hidup dan mengesankan
B. Kelemahan Winplot
1.
Diperlukan pematangan konsep awal tentang grafik
A. Langkah-Langkah Penggunaan Winplot
Menvisualisasikan Benda Putar
1. Buka program winplot.
2. Klik Window kemudian pilih 2-dim atau dengan menekan tombol F2.
3. Klik Equa kemudian pilih Explicit…atau dengan menekan tombol F1.
4. Ketikkan x^2. Beri tanda centang pada lock
interval. Ganti low x menjadi 0 dan high x
menjadi 2. Kemudian klik tombol OK.
5. Lakukan langkah 3 dan 4 untuk membuat persamaan kedua. Pada persamaan kedua ketikkan sqrt(8*x)
6. Klik One dan pilih Revolve
surface…
7. Pada jendela surface of revolution klik tombol y-axis (artinya diputar terhadap sumbu y). Ubah nilai seperti gambar di bawah ini setelah itu klik tombol see surface
8. Lakukan langkah 7 untuk membuat persamaan kedua
9. Pada jendela surfrev tekan Ctrl+A
10. Selanjutnya menghitung volume benda putar tersebut. Klik Two dan pilih Volume
of revolution…
11. Ubah persamaan pertama menjadi sqrt(8*x)
12. Ubah persamaan kedua menjadi x^2
13. Beri tanda . pada x. Ubah nilai low x
menjadi 0 dan high x menjadi 2. Kemudian klik tombol volume
14. Selanjutnya membuat animasi pada grafik 3D. Klik Anim pada jendela surfrev. Pilih Parameters A-W…
15. Klik Autorev
...
.
.
.
.
.
.
.
.
sekiannnn~
semoga bermanfaat....
^_^
0 komentar:
Posting Komentar