Senin, 15 Desember 2014

software Carmetal

next... kita akan membahas tentang software carmetal....
.
.
.
.
.
.
CARMETAL
Carmetal adalah program geometr iinteraktif yang mewarisi mesin CaR. Perangkat lunak yang telah dibuat oleh Eric Hakenholz. Konstruksi yang dilakukan dengan menggunakan palet utama, yang berisi beberapa shortcut konstruksi berguna di samping kompas dan penggaris alat standar. Ini termasuk garis-berat, lingkaran melalui tiga titik, circumcircular busur melalui tiga titik, dan irisan kerucut melalui limapoin.

Carmetal juga mendukung palet konstruksi dibatasi dikonfigurasi dan memiliki kemampuan tugas, yang menggunakan fitur tampaknya unik yang disebut Monkey (Shaking Construction). Tidak ada spesifikasi khusus untuk menggunakan aplikasi Carmetal maksudnya RAM VGA OS kecil juga dapat menginstall software ini. 

   Kelebihan Software Carmetal
1.      Dapat diaplikasikan untuk geometri datar dan geometri ruang.
2.      Dapat disalin ke Microsoft Word
3.      Hasil gambar yang telah dibuat dapat diekspor dalam berbagai format (PDF,SVG,EPS, dan PNG)
4.      Gambar dapat dibuat dengan menarik karena terdapat menu untuk mengedit objek dengan mengubahwarna
5.      Dapat mengubah warna background atau latar .
6.      Dapat menyisipkan gambar.
Gambar atau suatu bangun yang telah dibuat dapat bergerak.

 Kelemahan Software Carmetal
1.      Sulit dipahami secara cepat
2.      Perlu pemahaman konsep geometri untuk membuat sebuah bangun
3.      Dalam penerapan geometri ruang ketika suatu bangun diputar maka akan mengubah besar sudutnya.
4.      Tidak dapat menghitung volume dari bangun ruang.
5.      Dalam penerapan geometri ruang, jaring-jaring tidak dapat ditunjukkan

Dibawah ini langkah – langkah menggunakan Carmetal Membuat Persegi melalui lingkaran
Berikut ini adalah langkah-langkah membuatnya :
1.        Pertama-tama kita pilih software Carmetal


Berikut ini adalah tampilan awal software Carmetal :


3.        Kemudian membuat garis lurus
Klik contruction, pilih segment, kemudian plih segment (s)


Sehingga muncul gambar seperti berikut :


Beri identitas titik-titik tersebut
Pilih edit, kemudian rename


Sehingga mendapat hasil seperti gambar di bawah ini :


4.       Buat lingkaran dengan titik pusat A dengan jari-jari AB.
Klik contruction, pilih circle anda conics, kemudian pilih circle (c) lalu klik dari titik A sepanjang garis B.


Sehingga muncul gambar sepeti gambar dibawah ini :


5.        Untuk Klik contruction, kemudian pilih perpendicular line (2)


Kemudian klik garis AB, kemudian titik A
Maka akan dapat gambar seperti berikut :


6.       Buat identitas pada titik perpotongan
Klik contruction, pilih points, kemudian pilih intersection (i).


Kemudian klik pada perpotongan tersebut, untuk memberi identitas pilih edit, kemudian klik rename, maka akan muncul gambar seperti gambar dibawah ini :



7.       Kemudian buat dua lingkaran, yaitu :
Titik pusat C, dengan jari-jari CA
Titik pusat B, dengan jari-jari BA
Klik contruction, pilih circle anda conics, kemudian pilih circle (c).
Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :

8.        Buat identitas pada titik perpotongan
Klik contruction, pilih points, kemudian pilih intersection (i). 




Kemudian klik pada perpotongan lingkaran CB, untuk memberi identitas pilih edit, kemudian klik rename, maka akan muncul gambar seperti gambar dibawah ini :




9.       Kemudian sembunyikan gambar, kecuali garis AB
Klik edit, pilih hide

Seperti gambar dibawah ini :



10.    Kemudian gabungkan titik-titik tersebut :
Klik contruction, pilih segment, kemudian plih segment (s)


Sehingga terbentuklah persegi, seperti gambar di bawah ini:


11.    Untuk melihat  pembuktian
Klik show/ hide left panel



Kemudian akan muncul , pilih icon ke dua, maka akan muncul hasilnya seperti gambar dibawah ini :


12.    Untuk membuktikan sudut-sudut persegi
Klik contruction, pilih angles, kemudian pilih anggle (a)


Kemudian klik dari titil C-D-B, D-B-A, B-A-C, A-C-B, maka akan terbukti, seperti gambar dibawah ini :



13.    Untuk mencari luas persegi
Klik contruction, kemudian pilih polygon (0)


Kemudian klik titik C-D-B-A-C, seperti gambar dibawah ini:



14.    Untuk melihat  pembuktian
Klik show/ hide left panel


Kemudian akan muncul , pilih icon ke dua, makan akan muncul hasilnya seperti gambar dibawah ini :


sekiannn....... untuk pembahassan kali ni....
.
.
.
semoga bermanfaat.... dan selamat mencoba,ne.. ^_^..
.
.
.
jaa nee... Watashi wa tsugi no giron de o ai shimashou..
.
.
.



0 komentar:

Posting Komentar

cursor

Naruto Uzumaki Waving Fan
Naruto - Animated Dancing Akatsuki Tobi

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me