GEOGEBRA
Pengenalan Geogebra
GeoGebra adalah software matematika dinamis yang dapat
digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Software ini
dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah oleh Markus
Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic. Secara umum ada 3 kegunaan GeoGebra, yaitu sebagai:
alat bantu membuat gambar obyek geometri dan grafik Fungsi
meyelesaikan soal matematika
media pembelajaran matematika
GeoGebra merupakan salah satu aplikasi yang berjalan pada
Java Runtime sehingga sebelum melakukan instalasi GeoGebra komputer harus
terlebih dahulu diinstal program Java Runtime Environtment (JRE). Jika komputer
belum terpasang JRE ini maka aplikasi GeoGebra tidak dapat dijalankan. JRE
dapat didownload dari situs http://java.com
Setelah Java JRE selesai di-download dan diinstal, langkah
selanjutnya adalah menginstal aplikasi GeoGebra. Installer aplikasi GeoGebra
tersedia di situs http://www.geogebra.org/.
Tampilan Geogebra
Dalam workshop ini,
akan digunakan GeoGebra versi 4.2, setelah di instal kemudian dibuka, maka akan
muncul tampilan sebagai berikut:
Dalam tampilan tersebut masih dalam bahasa Inggris, kalau
ingin diubah ke dalam bahasa Indonesia maka klik Options – Language – E–I –
Indonesian/Bahasa Indonesia ( seperti alur berikut)
Setelah alur itu dijalankan maka akan muncul tampilan yang
sudah berubah dalam bahasa Indonesia seperti gambar di bawah ini :
Selanjutnya GeoGebra dalam bahasa Indonesia siap digunakan. Tampilan
dari Geogera sangat sederhana, yang terdiri dari:
Menu, yang terletak di bagian atas. Menu terdiri dari Berkas,
Ubah, Tampilan, Opsi, Peralatan, Jendela, dan Bantuan
Tool Bar, yang terletak pada baris kedua, berisi icon-icon
(simbol)
Jendela Kiri, sebagai tempat untuk tampilan Aljabar
Jendela Kanan, yaitu tempat ditampilkannya grafik.
Bilah Masukan, yang terletak di kiri bawah
Membuat Gambar Obyek Geometri dan Grafik Fungsi dengan
GeoGebra
Menggambar Titik
Ada 2 cara untuk menggambar titik, yaitu dengan menggunakan
icon pada tool bar dan mengetik perintah pada bilah masukan.
Icon untuk menggambar titik adalah
yang berada di nomor 2 dari kiri. Misal kita ingin membuat titik A(2,5)
dengan icon tersebut, caranya Arahkan krusor ke jendela kanan, yaitu tempat
menggambar grafik. Setelah kursor terletak pada koordinat (2, 5), klik tempat
tersebut. Terbentuklah titik A(2, 5). Cara
kedua dengan mengetik perintah pada bilah masukan. Perintah yang diketikan
adalah A=(2,5) seperti gambar berikut:
Dari 2 cara tersebut akan diperoleh hasil yang sama seperti
gambar berikut:
Titik A pada tampilan grafik tersebut dapat dilengkapi
dengan koordinatnya, caranya klik kanan
pada titik A kemudian muncul jendela titik A, lalu pilih dan enter Properti
seperti gambar berikut:
Pada Tampilan Label, klik jendela Nama pada segitiga kanan,
pilih Nama & Nilai, selanjutnya klik close pada pojok kanan atas. Tampilan
titik A akan berubah seperti gambar berikut
Menggambar Ruas Garis
Misal kita akan membuat ruas garis dari titik A(3, 4) hingga
B(6, 2)
Buatlah titik (3, 4) dan (6, 2)
Klik icon untuk membuat “ruas garis di antara dua titik”,
yaitu icon . Bila muncul, klik segitiga di kanan bawah,
maka muncul tampilan berikut
Selanjutnya buatlah titik A(2,4) seperti contoh membuat
titik di atas, kemudian geser ke arah titik B(6,2) kemudian lepaskan.
Atau gunakan bilah masukan caranya pada Bilah masukan ketikan A=(2,4) enter,
ketikan B=(6,2) enter, kemudian ketikan ruasgaris[A,B].
Dari dua cara tersebut akan diperoleh hasil seperti gambar
berikut:
Hasil tersebut bisa di tambahi dengan hal-hal yang perlu di
tambahkan dengan menggunakan fasiltas-fasilitas yang ada. Klik Kanan titik A
dan B kemudian lakukan pengeditan sesuai kebutuhan. Klik kanan juga ruas garis
AB, lakukan pengeditan. Gambar dibawah ini diperoleh dari gambar di atas
setelah dilakukan pengeditan.
Membuat Poligon (Bangun segi-n)
Misal kita ingin membuat poligon yang terbentuk dari lima
buah titik A(2,4), B(5,3), C(4,1), D(2,0) dan E(0,2). Caranya sebagai berikut:
Ketikan pada bilah masukan titik-titik tersebut (caranya
seperti pada cara membuat titik pada contoh sebelumnya)
Setelah titik A, B, C, D dan E terbentuk, klik icon pada segitiga dipojok kanan bawah. Terus pilih
dan klik poligon.
Kemudian klik titik A, terus dilanjutkan titik B, C, D, E
dan kembali ke titik A. Maka akan terbentuk gambar berikut:
Gambar poligon tersebut bisa kita edit sesuai dengan
kebutuhan, misalnya warnanya kita ganti, atau kita beri arsiran dan lain
sebagainya. Caranya sebagai berikut:
Untuk memberi label pada titik, klik Tampilan Label dan
seterusnya ( seperti contoh memberi label titik pada membuat titik di atas ).
Klik kanan pada tengah-tengah gambar poligon tersebut, terus
pilih dan klik properti, akan muncul tampilan berikut
Untuk memberi warna lain, klik Warna. Kemudian pilh warna
yang dikehendaki.
Untuk Format ketebalan garis, format garis, dan pengisian
klik Format.
Misal ketebalan garis diganti dengan 6 ( geser ke angka 6), kemudian bila dibuat
arsiran maka pada pengisian dari Standar di ganti dengan Hatch. Sudut kemiringannya
juga bisa di atur ( lihat pada sudut), demikian juga dengan kerapatan
arsirannya juga bisa di atur (lihat pada spasi).
Setelah pengaturan/ pengeditan selesai, klik tanda silang
pada pojok kanan atas.
Contoh hasil pengeditan seperti gambar berikut;
Menggambar Grafik Fungsi Linear
Bentuk umum fungsi linear adalah f(x) = ax + b
Perintah untuk menggambar grafik fungsi linear adalah
f(x)=ax+b.
Contoh: Pada bilah masukan ketiklah f(x)=3x+2. Maka grafik
yang dihasilkan adalah sebagai berikut:
Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat
Bentuk umum fungsi kuadrat adalah f(x) = ax2 + bx + c
Perintah untuk menggambar grafik fungsi kuadrat adalah f(x)
= ax^2+bx+c
Contoh: Pada bilah masukan ketiklah f(x)=x^2-4x+3. Grafik
yang dihasilkan adalah sebagai berikut:
Apabila gambar tersebut akan disisipkan dalam file microsoft
word, maka gambar tersebut harus dijadikan dalam file gambar.
Caranya klik Berkas – Ekspor – Tampilan Grafik sebagai
Gambar (png, eps).
Lihat alur pada gambar berikut:
Setelah itu akan muncul tampilan berikut
Selanjutnya klik simpan akan muncul tampilan Simpan
Pilih media penyimpanan, misal di My Documents, kemudian
beri nama file,
misal Gambar Grafik Fungsi Kuadrat f(x)=x^2 - 4x + 3,
Selanjutnya klik Simpan.
File tersebut akan berada di My Documents dengan nama file Gambar
Grafik Fungsi Kuadrat f(x)=x^ - 4x + 3.png
Untuk mencari gambar yang sudah disimpan tersebut, cari
dimana file gambar tersebut di simpan, untuk gambar di atas di simpan di My
Documents. Kemudian tekan Ctrl C, setelah itu sisipkan pada file Microsoft
word.
Menggambar DHP dari Sistem Pertidaksamaan Linear
Misal diketahui sistem pertidaksamaan Linear berikut: x ≥ 0
; y ≥ 0 ; 3x + 2y ≤ 6 dan 2x + 3y ≤6. Untuk membuat gambar DHP dari sistem
tersebut dengan GeoGebra langkahnya adalah
Buat dahulu garis –garis pembatasnya yaitu x = 0, y = 0, 3x
+ 2y = 6 dan 2x + 3y = 6
Kemudian tentukan titik potong antara garis-garis yang ada
dengan menggunakan fasilitas yang ada pada GeoGebra yaitu dengan menggunakan
icon , klik pada pojok kanan bawah sehingga
muncul tampilan berikut:
Pilih perpotongan dua objek. Kemudian klik pada
masing-masing perpotongan garis-garis pembatasnya, otomatis akan keluar titik
potongnya, yaitu titik A, B, C dan D.
Kemudian buatlah poligon dari titik A, B, C, D dan kembali
lagi ke titik A (Seperti contoh membuat poligon di atas). Setelah itu lakukan
pengaturan sesuai yang dikehendaki, hasilnya seperti gambar di bawah ini:
Kalau ingin disisipkan ke word, simpan dulu menjadi file
gambar, seperti contoh sebelumnya.
Membuat Media Pembelajaran dengan GeoGebra
Contoh: Membuat Media Pembelajaran Grafik Fungsi Kuadrat
f(x) = ax2 + bx + c. Langkah:
Klik icon slider / luncuran, selanjutnya klik pada area
tampilan grafik, akan muncul tampilan , kemudian klik Terapkan.
Klik lagi area tampilan grafik, muncul tampilan yang sama,
klik Terapkan.
Sekali lagi klik lagi area tampilan grafik, muncul tampilan
yang sama, klik Terapkan.
Tampilan Geogebra akan berubah menjadi
Pada bilah Masukan, ketikan f(x) = a*x^2 + b*x + c
Tampilan GeoGebra akan berubah seperti gambar berikut:
Tampilan tersebut dapat diubah lagi dengan cara menggerakkan
slider/luncuran, caranya klik dan gerakan titik a, b, dan c. misalnya titik a
digerakkan ke titik -1, kemudian titik b digerakkan ke titik 3 dan titik c
digerakkan ke titik 2, maka gambar dari kurva tersebut akan berubah secara
otomatis, seperti gambar dibawah ini.
Kalau mengingikan bentuk kurva sesuai yang diinginkan,
tinggal mengganti slider a, b, c. Jadilah media pembelajaran yang dapat menjelaskan
bentuk grafik Fungsi Kuadrat sesuai dengan nilai a, b dan c.
Untuk menyimpan media tersebut, tinggal klik Berkas – Simpan
Pilih Drive penyimpanan
Beri nama file misalnya Media Pembelajaran Membuat Grafik
Fungsi
kemudian klik Simpan
Selanjutnya file tersebut akan bernama Media Pembelajaran
Membuat Grafik Fungsi.ggb
( dalam extension .ggb)
0 komentar:
Posting Komentar